Kunci Kelanggengan Hubungan

Posted: March 12, 2015 in Uncategorized

Ini sekedar tips untuk kita semua yang ingin menjalin hubungan yang langgeng, khususnya hubungan dengan pasangan/suami/istri/pacar. Semua aspek saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu jangan melewatkan salah satu nya. Yang terpenting dan utama dalam hubungan adalah Kesetiaan. Mengapa? Karena disitu anda bisa menghargai perasaan orang lain dan membuat anda menyadari bahwa yang teristimewa lah yang akan mengalahkan keraguan. Berikut enam kunci kelanggengan dalam suatu hubungan :

  1. Honesty (Kejujuran)

Hal yang pertama yang perlu dipegang dalam membina hubungan yang langgeng adalah kejujuran. Karena apabila kita selalu jujur, kepercayaan akan mudah didapatkan. Berterusterang, meskipun pahit, itu akan lebih baik dibandingan kebohongan yang manis. Sebagaimana kata pepatah,

“The bitterest truth is better than the sweetest lies.”

Jujurlah tentang masa lalu kita, tentang rahasia-rahasia kita, tentang apapun yang membuat pasangan merasakan bahwa dia adalah orang yang penting bagi kita.

  1. Trust (Kepercayaan)

Kepercayaan menjadi kunci berikutnya bagi tiap pasangan yang ingin hubungan mereka berjalan baik. Dengan menumbuhkan sikap saling percaya, kita dan pasangan kita akan selalu diliputi ketenangan dan terhindar dari kecemburuan yang berlebihan.

  1. Faithfulness (Kesetiaan)

Setia, itu bukan akronim dari SEtiap TIkungan Ada, bukan. Kesetiaan merupakan simbol rasa percaya yang amat dalam terhadap pasangan kita. Bahkan meskipun pasangan kita ternyata bukan orang yang bisa menjaga kesetiaannya, ada saja di antara kita yang tetap masih keukeuh untuk setia. Mengapa? Hal itu disebabkan karena kesetiaan itu buta. Ibarat kata kalau dalam hal kepercayaan, seseorang itu butuh sebuah pembuktian terlebih dulu baru bisa percaya. Sedangkan kalau dalam hal kesetiaan, seseorang tidak perlu bukti lebih dahulu. Itulah hebatnya kesetiaan, walau kadang dianggap sebagai hal yang bodoh.

  1. Commitment (Komitmen)

Kunci selanjutnya untuk menjaga hubungan adalah komitmen. Komitmen untuk menepati janji-janji yang diucapkan mulai dari berawalnya suatu hubungan sampai seterusnya, bahkan jika sudah berjanji tidak akan berpisah. Itulah yang namanya komitmen, sebuah kunci yang paling kuat dari hubungan yang langgeng.

  1. Understanding (Pemahaman)

Tak kenal maka tak sayang. Tak paham maka tak cinta. Tak mengerti maka tak peduli. Itulah kata pepatah yang lengkap diucapkan. Seseorang tidak bisa menjalin hubungan dengan baik apabila di antara mereka tidak saling memahami satu sama lain. Jika tidak timbul rasa saling pengertian, suatu hubungan akan sering mengalami pertengkaran-pertengkaran dan salah paham.

  1. Openness (Keterbukaan)

Sikap saling terbuka antar pasangan itu sangat baik, tapi maksudnya bukan saling terbuka dalam hal berpakaian, kalau yang itu khusus pasangan suami istri. Keterbukaan yang dimaksud di sini adalah terbuka dalam hal curahan perasaan dan apapun itu kepada pasangan. Misalnya bercerita tentang apa yang kita lakukan hari ini atau rencana kegiatan yang akan dilaksanakan esok hari, cerita apa yang kita alami di kantor atau tempat mengenyam pendidikan, dan sebagainya. Jadikan pasangan kita sebagai tempat mencurahkan hati kita. Katakan apa yang kita inginkan terhadapnya, dan tanyakan apa yang dia inginkan. Hal-hal kecil semacam ini akan membuat hubungan terasa lebih hidup.

*****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s